Berita Kesehatan,kecantikan, tips dan trik

Ini Beliau Resep Tempe Mendoan Cilacap Paling Lezat

Pada kesempatan kali ini resep yang akan coba penulis bahas secara lengkap yakni resep tempe mendoan cilacap. Mendoan merupakan jenis panganan gorengan yang materi dasarnya yakni tempe. Jenisnya tempe mendoan ini ternyata ada banyak lho dan biasanya dibedakan berdasarkan tempat kawasan tempe mendoan ini berasal. Salah satu tempe mendoan yang paling populer yakni tempe mendoan purwokerto dan tempe mendoan cilacap.

Tempe mendoan ini sendiri berdasarkan wikibooks bekerjsama berasal dari kawasan banyumas, namun sesuai dengan perkembangannya setiap kawasan mempunyai kekhasan rasa dan tampilan tersendiri yang mengakibatkan tempe mendoan ini berbeda dari satu kawasan yang lain, tidak ada perbedaan yang sangat mencolok bekerjsama selain hanya perbedaan bentuk dan asal nama kota atau wilayahnya saja.

Mendoan memang merupakan jenis camilan yang sangat banyak digemari. Makanan ringan ini sangat enak bila disajikan dengan cabe hijau atau sambel kecap pedas, ditambah mentimun juga tak kalah sedap. Untuk materi dasar resep tempe mendoan cilacap itu sendiri sebaiknya memang memakai tempe jenis khusus mendoan yang berbentuk lebar dan tipis, biasanya terdiri dari hanya satu atau dua lembar saja perbungkus. Untuk bumbunya biasanya tepung yang diadon halus di tambahkan dengan capuran aneka serpihan seledri dan bumbu khas jawa lainnya untuk memperlihatkan cita rasa yang enak dan aroma yang sedap.

Tidak sulit koq menciptakan tempe mendoan khas cilacap, anda dirumah juga sanggup membuatnya dengan mudah, bagi anda yang berniat untuk mencoba memasak tempe mendoan cilacap ini, berikut penulis berikan resep tempe mendoan cilacap yang enak dan gampang untuk dibuat.

Pada kesempatan kali ini resep yang akan coba penulis bahas secara lengkap yakni  Ini Dia Resep Tempe Mendoan Cilacap Paling Lezat

Bahan-bahan dasar Yang Diperlukan Untuk Membuat Tempe Mendoan Cilacap:


  • Tempe mendoan 10 buah (jika tidak ada sanggup diganti memakai tempe biasa yang diiris tipis sebanyak kurang lebih 300g) 
  • Daun bawang sebanyak 2 batang, iris halus 
  • Tepung beras sebanyak 1 sdm 
  • Tepung Terigu sebanyak 3 sdm 
  • Air mineral dalam jumlah secukupnya untuk menerima gabungan bumbu dengan kekentalan yang dinginkan 
  • Minyak goreng yang perlukan untuk menggoreng tempe mendoan


Untuk menciptakan bumbu yang dihaluskan, berikut bahan-bahan yang diperlukan:


  • Bawang putih 2 siung 
  • Kemiri 1 butir 
  • Ketumbar yang sudah dihaluskan sebanyak 1 sdt 
  • Kencur dalam jumlah secukupnya 
  • Garam dalam jumlah secukupnya


Cara menciptakan tempe mendoan cilacap:


  1. Campurkan tepung beras dan tepung terigu, aduk halus. 
  2. Tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan, daun bawang, serta air sedikit demi sedikit, aduk hingga rata. 
  3. Ambil serpihan tempe mendoan atau tempe biasa yang sudah diiris tipis kemudian campurkan kedalam gabungan tepung. 
  4. Goreng kedalam minyak yang sudah dipanaskan terlebih dahulu, tunggu hingga gabungan tepung matang tapi jangan hingga kering, untuk mengetahuinya sanggup dilihat dari warna tepung yang berwarna putih. 
  5. Angakat tempe mendoan kemudian tiriskan untuk membuang minyak. 
  6. Sajikan tempe mendoan anda selagi hangat dengan cabe rawit atau sambel pedas kecap kesukaan anda.


Nah, itulah panduan lengkap resep tempe mendoan cilacap yang sanggup anda coba dirumah. Tidak sulit koq untuk membuatnya, untuk hasil yang maksimal sebaiknya memang memakai tempe jenis mendoan saja dibandingkan tempe jenis biasa, hal ini dikarenakan jenis tempe mendoan mempunyai tingkat ketebalan dan bentuk yang unik khas tempe mendoan. Untuk sambelnya sendiri anda sanggup memakai cabe hijau mentah pribadi ataupun menciptakan sambel kecap yang dicampur dengan cabe rawit. Resep tempe mendoan cilacap ini sanggup lho anda coba di sela-sela waktu senggang anda, selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Beliau Resep Tempe Mendoan Cilacap Paling Lezat"

Post a Comment