Berita Kesehatan,kecantikan, tips dan trik

Resep Soto Betawi Lezat Dan Nikmat

Cara Membuat Resep Soto Betawi Daging Asli Beserta Tips dan cara Praktis Membuat dia. Negara kita, Indonesia memang kaya sekali akan keaneka ragaman budayanya, termasuk juga resipi masakan Indonesia. Kerana tiap kawasan memiliki budaya, watak istiadat dan ciri unik tersendiri, ini juga menciptakan masing masing kawasan di negara kita memiliki ciri khas dalam resipi masakan. Kita sudah mengetahui bahawa resipi soto banyak sekali variasinya bergantung kawasan asalnya. Sebut saja soto sulung, soto madura yang kental, soto kudus, soto ayam surabaya dan yang lain. Kali ini kita akan menawarkan Resipi Soto Betawi Asli yang berasal kawasan daerah Jakarta dan sekitarnya. Tentu saja, menyerupai resipi dari kawasan lain, resipi masakan betawi ini juga memakai rempah soto betawi istimewa dengan materi bahan yang sedikit berbeza dengan resipi lain. Mengenai proses pemasakan, cara menciptakan soto betawi dengan susu ini cukup gampang dan tidak banyak perbezaan dengan proses pembuatan resipi masakan soto dari kawasan lain.

Sebenarnya ada dua macam jenis resipi masakan soto dari kawasan DKI Jakarta ini, iaitu resipi soto ayam betawi dan soto dengan susu yang materi dasarnya berupa daging yang dicampur dengan sedikit benda yg ada. Yang paling banyak disukai dan dicari orang orang sih resipi soto betawi orisinil dengan susu dan daging organ. Nah, kerana memakai materi benda yg ada, tentu saja buat sahabat sahabat pesakit asam urat, darah tinggi atau tekanan darah tinggi, obesiti dan penyakit lain sebaiknya sedikit berhati hati dalam mengkonsumsinya. Kandungan lemak dan kolesterol dalam masakan soto betawi ini memang cukup tinggi. Selain itu rempah soto betawi yang akan kita buat kali ini juga memakai susu yang mengandungi lemak tinggi. Tetapi tentu saja jika kita mengambil mereka tidak berlebihan, kandungan gizi dalam resipi soto ini cukup banyak dan sangat dibutuhkan juga untuk keperluan sehari hari. Solusinya mungkin boleh menukar materi susu atau santan yang dipakai dengan susu rendah lemat atau susu low fat atau rendah lemak. Walaupun tetap saja kandungan lemaknya agak tinggi, tetapi sedikit membantu mengurangkan bukan jika kita memakai susu rendah lemak.

Seperti resipi soto lain, resipi masakan betawi ini juga memakai aneka macam macam rempah soto dari rempah rempah alam yang boleh kita sanggup dengan gampang di sekitar kita. Cuma bezanya, resipi masakan soto betawi ini lebih banyak memakai rempah rempah sebagai bumbu apabila dibandingkan dengan resipi soto ayam atau resipi masakan lain. Selain itu kuah dari resipi soto betawi ini rasanya lebih lezat dan gurih. Daripada melihat sahaja, kuahnya memang kelihatan lebih kental kerana memakai santan orisinil dari perasan parutan kelapa atau susu untuk adonan kuahnya. Apabila sahabat sahabat ingin memakai susu cair, disyorkan untuk memakai susu rendah lemak sehingga kandungan lemak dari keseluruhan resipi ini boleh sedikit ditekan dan dikurangkan.
Cara Membuat Resep Soto Betawi Daging Asli Beserta Tips dan cara Praktis Membuat ia Resep Soto Betawi Enak dan Nikmat
Resep Soto Betawi Enak dan Nikmat
Resep masakan soto betawi yang akan kita buat kali ini hanya akan memakai daging sapi. Kalau sahabat sahabat pernah merasakan atau membelinya dari penjual yang ada di mall mall atau tempat lainnya, mungkin menemukan juga jeroan dalam kuah soto betawinya. Memang resep soto betawi orisinil memakai daging sapi yang dicampur dengan sedikit jeroan, menyerupai usus, tebang dan lainnya. Tetapi demi kesehatan dan mengurangi kandungan lemak dan kolesterolnya, kita akan memakai daging sapi saja dan dipiliha potongan daging yang kandungan lemaknya rendah. Seperti Resep Masakan Indonesia lainnya yang memakai materi daging sapi segar, daging yang dipakai dalam proses pembuatan resep masakan soto betawi ini juga tidak perlu dicuci. Cukup direbus dengan air mendidihnya saja semoga teksturnya tetap terjaga dan tidak ada akteri lain yang masuk ke dalam daging. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat materi bahan dan bumbu soto betawi apa saja yang dibutuhkan dibawah ini ya.

Bahan materi Resep Soto Betawi Asli Dengan Susu

  1. Bahan utama yang dibutuhkan yaitu daging sapi sengkel atau potongan lain yang kandungan lemaknya rendah kurang lebih sebanyak 1 kilogram saja. Kalau suka, sanggup dicampur dengan potongan jeroan sapi yang lain menyerupai babat, usus dan lainnya.
  2. Susu cair rendah lemak kualitas elok kurang lebih sebanyak 1.5 liter semoga rasanya lebih gurih dan enak. Bisa diganti dengan susu cair jenis lain atau sanggup juga memakai santan kelapa cair.
  3. Cengkeh ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4-5 pcs saja.
  4. Serai yang sudah dimemarkan kurang lebih sebanyak 2 batang saja.
  5. Lengkuas yang sudah dimemarkan kurang lebih sebanyak 2 ruas jari saja.
  6. Kapulaga kurang lebih sebanyak 2 pcs saja.
  7. Kayu manis ukuran sedang kurang lebih sebanyak 2 pcs saja semoga aromanya lebih nikmat.
  8. Daun bawang segar kurang lebih sebanyak 3 pcs saja. Cuci higienis kemudian potong potong tipis daun bawangnya.
  9. Daun jeruk segar kurang lebih sebanyak 4-5 lembar saja.
  10. Daun salam kurang lebih sebanyak 4 pcs saja.
  11. Daun seledri segar kurang lebih sebanyak 2 pcs. Cuci higienis seledri kemudian potong potong halus daunnya.
  12. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil saja. Bisa ditambahkan nanti jika kurang gurih.
  13. Gula pasir putih secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
  14. Kaldu instan rasa daging sapi semoga lebih gurih sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1.5 sendok kecil saja.
  15. Air kaldu sapi bekas rebusan dagingnya kurang lebih sebanyak 0.6 liter untuk materi kuah soto betawinya.
  16. Jeruk nipis segar secukupnya. Potong dan belah jeruk untuk materi tambahan ketika penyajian (bahan pelengkap).
  17. Kentang kurang lebih sebanyak 2-3 pcs. Kupas kulitnya kemudian iris tipis dan kemudian digoreng sebagai materi komplemen ketika penyajian (bahan pelengkap).
  18. Beberapa irisan buah tomat merah segar sebagai materi komplemen (bahan pelengkap).
  19. Minyak sayur atau margarin secukupnya untuk menumis bumbu soto betawi.

Bahan Bumbu Soto Betawi Enak

  1. Merica butiran kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja. Bisa diganti juga dengan merica bubuk.
  2. Kencur dan jahe kurang lebih masing masing sebanyak 1 ruas jari saja.
  3. Kemiri yang sudah disangrai sebentar kurang lebih sebanyak 5 pcs saja.
  4. Ketumbar yang sudah disangrai sebelumnya kurang lebih sebanyak 1.5 sendok kecil saja.
  5. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4 siung saja.
  6. Bawang merah lokal ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 5 pcs saja.
  7. Jintan kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil saja.

Cara menciptakan Soto Betawi Supaya Empuk dan Enak

  1. Ambil satu panci masak ukuran sedang besar dan beri air secukupnya (sampai semua potongan daging terendam) kemudian masak hingga airnya mendidih.
  2. Masukkan daging sapi yang akan dipakai sesudah airnya mendidih dan masak hingga 5-7 menit saja.
  3. Saat proses pemasakan diatas akan keluar busa dan kotoran, ambil dan buang. Ini untuk mengganti proses pencuciannya dan menjaga serat daging dan mencegah basil masuk ke daging ketika proses pencucian.
  4. Angkat dan potong potong daging sapi yang sudah setengah matang diatas sesuai selera atau bentuk dadu.
  5. Buang air di pancinya kemudian ganti dengan air gres kurang lebih sebanyak 1 liter dan rebus lagi dagingnya hingga hampir empuk kemudian sisihkan.
  6. Haluskan aneka macam macam bumbu soto betawi yang sudah disiapkan sebelumnya, menyerupai bawang merah, bawang putih, kemiri, merica, jintan, merica, ketumbar, kencur dan jahe hingga halus. Sebaiknya dihaluskan dengan tangan atau diuleg semoga aromanya nanti keluar dan baunya lebih harum daripada diblender.
  7. Siapkan wajan dengan api sedang kecil dan beri minyak secukupnya (kurang lebih sebanyak 2 sendok makan).
  8. Masukkan bumbu resep soto yang sudah dihaluskan diatas ke dalam wajan dan aduk aduk tumis bumbu hingga matang. Biasanya tercium busuk harum kahs tumisan kemudian matikan.
  9. Masukkan bumbu halus soto yang sudah ditumis diatas ke dalam panci yang berisi potongan daging dan sekitar 0.6 liter air kaldu kemudian aduk aduk hingga semua bumbu tercampur dengan kuah sotonya.
  10. Masukkan sisa bahannya, menyerupai batang serai yang sudah dimemarkan, daun jeruk, kapulaga, kayu manis, daun salam, garam beryodium, gula pasir, kaldu instan dan lengkuas yang sudah dimemarkan. Aduk aduk semoga semua materi benar benar tercampur rata dan masak hingga daging sapinya benar benar empuk.
  11. Setelah daging sapinya empuk, masukkan susu cair rendah lemak atau santannya kemudian aduk aduk kembali hingga mendidih.
  12. Jangan lupa cicipi dulu dan tambahkan garam dan gula jika diperlukan. Masukkan daun seledri dan daun bawangnya kemudian angkat.
Selesai sudah cara menciptakan soto betawi orisinil dengan susu atau santannya. Memang cukup ribet ya apabila dibandingkan dengan resep soto ayam atau resep masakan soto lainnya. Tetapi kerja keras diatas niscaya terbayarkan jika kita sudah merasakan resep soto betawi yang sudah kita buat tersebut. Apalagi jika dinikmati ketika cuaca lagi hirau taacuh atau ketika kita kurang lezat badan. Kandungan rempah dan kuah kentalnya dari resep masakan soto betawi ini sanggup menawarkan tenaga gres lho. Apalagi jika dinikmati bersama emping, irisan kentang, irisan tomat, kecap manis dan irisan jeruk nipis bersama sepiring nasi putih yang hangat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Soto Betawi Lezat Dan Nikmat"

Post a Comment