Berita Kesehatan,kecantikan, tips dan trik

Cara Menciptakan Resep Ayam Asam Pedas Kuah Yummy Dan Simple

Cara Membuat Resep Ayam Arvi Goreng yang Enak dan Lazat. Selain populer dengan keindahan dan keunikan budayanya, Yogyakarta atau lebih dikenali juga dengan sebutan kota Jogja juga populer sebagai gudang masakan yan enak enak. Pasti rakan rakan sudah tahu dan mendengar makanan istimewa gudeg jogja dengan tahu bacem dan tempe bacemnya yang rasanya sangat legit dan manis tersebut. Kali ini kita akan menciptakan masakan ayam yang di juga bergabung dengan Resipi Arvi Jogya yang populer tersebut, iaitu Resipi Masakan Ayam Goreng Arvi. Buat sahabat sahabat yang pernah tinggal di Jogja niscaya sudah pernah mencicipi kelezatan Ayam Arvi yang digoreng dengan bumbu ketumbar dan gula merah ini. Nah untuk mengubati kerinduan tersebut, yuk kita melihat cara menciptakan ayam goreng dengan bumbu bacem ayam di bawah ini.

Buat sahabat sahabat yang masih tinggal di jogya tentu engan simpel boleh mencari penjual ayam goreng bacem ini bukan. Tetapi buat sahabat sahabat yang sudah meninggalkan kota yang pernah menjadi ibu kota negara Indonesia tentu akan sedikit kesukaran untuk mencari penjual resipi masakan dengan bumbu bacem ayam ini. Tentu saja ibarat resipi masakan ayam goreng yang lain, Resipi Ayam Arvi ini juga digoreng terlebih dahulu sebelum dimakan bersama nasi putih. Tetapi perbedaanya adalam resipi ayam goreng bumbu bacem ini terlebih dahulu direbus dengan pelbagai macam resipi bacem khusus dari Jogja sehingga rempah dan rasa khas bacemnya benar benar terasa hingga daging bab dalam.
Cara Membuat Resep Ayam Arvi Goreng yang Enak dan Lazat Cara Membuat Resep Ayam Asam Pedas Kuah Enak dan Simple
Resep Ayam Asam Pedas Kuah Enak dan Simple
Seperti juga menciptakan tahu dan tempe bacem ataupun gudeg jogja, Resipi Ayam Goreng Arvi juga memakai jinten dan gula jawa sebagai salah satu bumbu rahsianya. Selain itu untuk merebus ayamnya dipakai juga air kelapa agar jadinya lebih legit dan lazat. Sebenarnya boleh juga memakai air higienis biasa, cuma agar jadinya lebih lazat dan mendekati Resipi Ayam Arvi yang ada di daerah asalnya memang harus memakai air kelapa ini. Sebenarnya di Jogja sendiri Resipi Ayam Goreng Arvi ini boleh memakai ayam potong atau ayam kampung. Tetapi buat aku langsung rasa masakan bacem yang memakai materi ayam kampung rasanya lebih enak dan lebih enak berbanding dengan ayam negeri atau potong. Untuk lebih jelasnya mengenai materi bahan apa saja yang diharapkan dan rempah ayam bacem serta cara membuatnya sila melihat di bawah ini....

Bahan materi Resep Ayam Asam Pedas Kuah Enak

  1. Seperti namanya, resep kali ini memakai materi ayam ukuran sedang sebanyak 1 ekor. Sebaiknya memakai ayam kampung, tetapi ayam potong juga dapat digunakan. Gunakan ayam yang masih segar dan potong menjadi 6-8 bab tergantung selera.
  2. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 5-6 siung. Sebaiknya memakai bawang merah lokal agar jadinya lebih harum. Kupas kulitnya kemudian potong iris iris berangasan untuk ditumis.
  3. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 siung. Kupas kulitnya kemudian potong dan iris tipis tipis untuk bumbu asam pedasnya.
  4. Asam jawa kurang lebih sebanyak 50 gram. Bulatkan asamnya agar simpel dan rapi ketika dimasak nantinya
    kemudian bakar sebentar di atas api hingga agak kering.
  5. Lengkuas ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 2 cm saja.
  6. Buah cabe rawit merah kurang lebih sebanyak 10 pcs. Bia dikurangi atau ditambah sesuai selera.
  7. Buah cabe merah besar kurang lebih sebanyak 2-3 buah. Cuci higienis kemudian potong menyamping dan buang isinya. Potong iris iris tipis tipis.
  8. Kecap manis kualitas manis kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
  9. Daun salam kurang lebih sebnayak 1 lembar daun saja.
  10. Minyak sayur secukupnya untuk menumis bumbunya atau kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
  11. Garam dapur beryodium kurang lebih sebanyak 2 sendok makan.
  12. Lada bubuk atau lada halus secukupnya atau kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil saja.
    Air higienis kurang lebih sebanyak 3/4 liter saja.

Cara Membuat Ayam Asam Pedas Enak Mudah

  1. Langkah pertama yaitu basuh higienis ayam, cabe dan semua materi yang akan dipakai hingga higienis kemudian tiriskan.
  2. Siapkan penggorengan dan beri minyak sayur atau minya goreng secukupnya (kurang lebih sebanyak 2 sendok makan) untuk menumis bumbunya.
  3. Masukkan kepingan bawang merah dan kepingan bawang putih kemudian tumis dan aduk aduk sebentar hingga agak layu dan tercium wangi harumnya.
  4. Masukkan cabe merah rawit dan cabe besarnya kemudian aduk aduk lagi agar semua materi tercampur rata hingga agak layu cabainya.
  5. Masukkan lengkuas dan daun salamnya ke dalam penggorengan kemudian aduk aduk kembali hingga agak layu dan tercium wangi harum.
  6. Masukkan 750 ml air ke dalam penggorengan diatas kemudian tunggu ampai airnya mendidih.
  7. Setelah air mendidih, masukkan asam jawa yang sudah dibakar sebelumnya, kecap manis, merica bubuk dan garam kemudian aduk aduk lagi agar semua materi tercampur rata.
  8. Masukkan kepingan daging ayamnya kemudian aduk aduk kembali agar semua materi dan bumbu tercampur tepat dengan airnya.
  9. Agak kecilkan apinya kemudian sesekali aduk aduk dan masak hingga daging ayamnya benar benar lunak dan kuahnya tinggal sedikit. Angkat dan ayam asam pedas siap disajikan.
Bagaimana berdasarkan sahabat sahabat cara menciptakan ayam asam pedas diatas. Cukup simpel dan simpel kan diikuti. Selain rasanya enak dan lezat, kandungan gizi di resep masak ayam pedas kuah ini juga sangat manis untuk kebutuhan gizi anak anak maupun orang dewasa. Tidak hanya untuk makan malam saja, resep asam pedas dengan ayam ini juga nikmat sekali disantap bersama sepiring nasi putih kerupuk dan segelas teh manis di ketika siang ataupun pagi hari.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menciptakan Resep Ayam Asam Pedas Kuah Yummy Dan Simple"

Post a Comment