Berita Kesehatan,kecantikan, tips dan trik

Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak Spesial

Cara Membuat Resipi Ayam Bakar Bumbu Rujak spesial Enak Beserta Tipsnya. Membuat ayam bakar memang boleh dibilang simpel gampang susah bila tidak memahami dengan benar cara bakar ayam yang akan dimasak. Buat beberapa orang, kuliner ayam bakar memang lebih disukai daripada ikan bakar, ayam goreng ataupun resipi ayam lain. Pada umumnya yang biasa kita lakukan ialah menciptakan ayam bakar kicap atau yang lain. Cara menciptakan ayam bakar yang yummy dengan bumbu kecap memang tergolong paling simpel dan gampang, cuma ya rasanya paling bagus dengan sedikit gurih ayam dan aroma bakaran. Untuk itu kali ini kita akan menciptakan ayam bakar resipi yang berbeza daripada yang biasanya kita lakukan atau kita dapati di rumah makan atau restauran langganan. Rasa manis, pedas dan gurih santan dengan aroma bakaran dari resipi ayam bakar bumbu rujak kali ini dijamin menciptakan anak anak atau jago keluarga yang lain akan ketagihan dan minta dibuatkan lagi.

Kalau melihat paparannya, resipi ayam bakar bumbu rujak ini memang menyerupai dengan resipi ayam bumbu bali yang dibakar kerana memang keduanya didominasi warna merah dari materi buah cili yang digunakan. Tetapi sehabis jadi, citarasa ayam bakar bumbu rujak ini lebih terasa yummy dan terasa lebih yummy dan bagus kerana rempah ayam bakar yang digunakan memang lebih komplit. Selain itu kita juga menggunakan santan yang kental dan dicampur dengan air kelapa sehingga aroma gurihnya boleh tercium walaupun belum merasainya. Untuk ayam yang digunakan sangat disyorkan menggunakan ayam pejantan atau ayam kampung kerana dagingnya lebih enak. Teman sobat tidak perlu takut dagingnya nanti terasa alot kerana sudah direbus sebelum dibakar. Kalau mau, ayam potong atau daging boleh juga digunakan untuk menciptakan resipi ayam bakar kali ini, cuma nanti kuah ayamnya sedikit ditambah jumlahnya biar tetap terasa gurih alami.
Cara Membuat Resipi Ayam Bakar Bumbu Rujak spesial Enak Beserta Tipsnya Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak Spesial
Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak Spesial
Cara bakar ayam memang harus mendapat perhatian khusus daripada resipi ikan bakar. Kalau tidak tahap kematangan ayamnya boleh tidak sama rata atau ada satu sisi yang lebih gosong daripada sisi yang lain. Selain itu bumbu bakar yang digunakan biasanya juga tidak meresap hingga kedalam dagingnya dan hanya terasa di permukaan daging ayamnya saja, beza dengan ayam goreng yang rasanya boleh gurih hingga di bahagian daging paling dalam. Biasanya ini kita dapati bila kita membeli kuliner ayam bakar di penjual pinggir jalan ataupun restauran kecil. Atau malah kita pernah mengalami sendiri menciptakan resipi ayam bakar bumbu rujak tapi rasanya tidak hingga ke bahagian daging ayam yang paling dalam.Untuk mengatasi persoalan diatas, kita perlu sering memainkan ayamnya dan sering diolesi dengan bumbu rujak yang kita gunakan untuk mengungkep daging ayamnya. Selain itu daging ayam yang kita gunakan juga Diungkep atau direbus terlebih dahulu biar bumbunya sanggup meresap hingga ke dalam dagingnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat materi dan rempah yang digunakan untuk menciptakan resipi ayam bakar bumbu rujak dibawah ini.

Bahan materi Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak Spesial Enak

  1. Untuk hasil terbaik sebaiknya menggunakan ayam pejantan atau ayam kampung biar lebih gurih. Kalau tidak ada ayam potong broler juga sanggup digunakan (olesi terlebih dahulu dengan air perasan jeruk nipis sehabis dicuci bersih). Potong sesuai selera atau kurang lebih 6 hingga 8 potong.
  2. Lengkuas yang sudah dicuci higienis kurang lebih sepanjang 2 cm saja kemudian memarkan sebelum digunakan biar aromanya keluar.
  3. Daun salam kurang lebih sebanyak 2 lembar saja.
  4. Daun jeruk kurang lebih sebanyak 2 lembar saja.
  5. Air asam jawa sedikit saja atau kurang lebih sebanyak satu sendok kecil saja.
  6. Batang serai ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 pcs saja.
  7. Kecap bagus kental kurang lebih sebanyak 2 hingga 3 sendok makan saja.
  8. Gula merah biar lebih legit kurang lebih sebanyak satu sendok kecil saja.
  9. Santan kental kurang lebih sebanyak setengah liter saja.
  10. Kaldu ayam instan atau abu kurang lebih sebanyak satu sendok kecil saja. Bisa juga menggunakan air kaldu rebusan daging ayamnya.
  11. Air kelapa kurang lebih sebanyak setengah liter saja.
  12. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera. Bisa ditambahkan di selesai menciptakan ayam bakarnya biar pas dan tidak keasinan.
  13. Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu halusnya.
  14. Bahan pemanis menyerupai buah ketimun, daun semangi dan lainnya.

Bumbu Ayam Bakar Rujak Komplet

  1. Merica butiran kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil saja.
  2. Kemiri ukuran sedang kurang lebih sebanyak 7 hingga 8 pcs.
  3. Jahe ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 2 cm saja. Potong potong jahe biar simpel ketika mau diuleg nanti.
  4. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 hingga 4 siung saja. Kupas kulitnya kemudian potong potong biar simpel ketika mau diuleg nanti.
  5. Bawang merah ukuran sedang besar sebanyak 8 pcs. Sebaiknya menggunakan bawang merah lokal biar aromanya lebih harum.
  6. Buah cabe rawit ukuran sedang  yang masih segar kurang lebih sebanyak 6 hingga 8 pcs. Bisa dikurangi atau diganti dengan cabe merah besar apabila tidak suka dengan rasa pedas.
  7. Kunyit ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 1 ruas jari saja atau 2 cm.
  8. Buah cabe merah besar kurang lebih sebanyak 8 hingga 10 buah saja. Potong potong biar simpel ketika diuleg.
  9. Ketumbar sedikit saja atau kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil saja.

Cara Membuat Ayam Bakar Bumbu Rujak Pedas

  1. Langkah pertama basuh daging ayam yang akan digunakan dengan air mengalir hingga higienis kemudian tiriskan sebentar.
  2. Haluskan aneka macam macam bumbu halus diatas, menyerupai jahe, bawang merah, cabai, kemiri, ketumbar, kunyit dan lainnya dengan cara manual atau diuleg biar balasannya lebih yummy dan aroma bumbunya lebih keluar.
  3. Siapkan wajan ukuran sedang besar dan beri minyak goreng secukupnya dengan api kecil sedang untuk menumis bumbu yang sudah dihaluskan diatas.
  4. Masukkan bumbu halusnya kemudian aduk aduk biar bumbu tidak gosong hingga tercium bau harum kahs tumisan keluar.
  5. Masukkan air kelapa, air asama jawa, kaldu abu dan santan kental yang sudah dipersiapkan diatas kemudian aduk aduk sebentar biar tercampur dengan bumbu lain.
  6. Masukkan daging ayam yang sudah dipotong dan dicuci higienis kemudian aduk aduk kembali biar tercampur dengan bumbunya dan semua bab tertutupi bumbu.
  7. Masukkan daun salam, daun jeruk, lengkuas yang sudah dimemarkan, sereh dan beri sedikit garam dapur kemudian aduk aduk kembali biar semua bumbu tercampur dan daging ayam tertutupi bumbu ayam bakarnya.
  8. Masak dengan api sedang kecil dan tutup wajan (diungkep) hingga kuahnya menyusut sekali. Jangan lupa sesekali diaduk aduk biar bumbu meresap rata ke dalam daging ayamnya kemudian tutup kembali.
  9. Masukkan kecap manisnya dan aduk aduk kembali biar rata. Tambahkan garam dapur apabila dirasa rasa gurihnya kurang. Masak sebentar kemudian matikan.
  10. Siapkan api buat memanggang ayam atau juga sanggup menggunakan teflon yang sudah diolesi sedikit margarin atau mentega.
  11. Bakar ayam diatas oven sambil diolesi dengan bumbu rujaknya. Jangan lupa sering dibalik biar tidak gosong.
Dengan cara bakar ayam menyerupai di atas sambil sering disapu bumbunya, citarasa resipi ayam bakar bumbu rujak diatas akan terasa lebih nikmat dan legit untuk dimakan bersama nasi putih yang masih hangat dan sayur ulam sayur-sayuran menyerupai buah timun, daun kemangi dan yang lain. Resepi kuliner ayam bakar diatas sesuai sekali buat rakan rakan atau jago keluarga yang lain yang biasanya sudah bosan dengan resipi ayam yang itu itu saja. Sebelum digunakan sebaiknya daging ayam direbus terlebih dahulu sebentar sehingga kita mendapat air kaldu ayam yang boleh digunakan untuk menciptakan sup ayam atau kuliner ayam yang lain (hanya apabila menggunakan ayam kampung kerana ayam potong kaldunya kurang terasa enak). Selain untuk ayam bakar bumbu, materi diatas boleh juga digunakan untuk resipi ikan bakar lho, cuma tidak perlu direbus bersama dengan ikannya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak Spesial"

Post a Comment